HISTORY of COLOR
Pada tahun 1450, Johannes Gensfleisch zur Laden zum Gutenberg membuat informasi dan pengetahuan yang dapat diakses oleh publik dengan ditemukannya alat cetak.
Ia menciptakan cetakan untuk mencetak huruf secara tepat dan sejenis mesin cetak baru yang berdasarkan pencetak yang digunakan dalam membuat anggur.
Kemungkinan besar percetakan pertama kali ditemukan untuk mempermudah penduplikasian Injil.
Jika sebelumnya ditulis dengan tangan di ruang scriptoria, maka sejak zaman Renaisans (zaman kelahiran kembali kebudayaan Yunani-Romawi di Eropa pada abad ke-15 dan ke-16 M manusia mulai berpikir untuk mempercepat proses ini lewat produksi massal agar dinikmati masyarakat banyak.
Eropa, bahkan dunia telah mengalami pertumbuhan yang cukup pesat dengan adanya penemuan mesin cetak.
Mesin cetak ciptaan Johannes Gutenberg tersebut digunakan untuk membuat salinan banyak halaman.
Seiring waktu, mesin cetak ini digunakan untuk mencetak buku dan surat kabar hingga untuk keperluan berita-berita dagang seperti brosur dan periklanan surat kabar.
Percetakan membuat buku dan bahan bacaan lainnya tersedia bagi masyarakat umum.
Ketika masyarakat mulai terdidik, mereka mulai bertukar pikiran dan informasi yang mengarah pada penemuan-penemuan baru sehingga semakin banyak muncul
mesin-mesin cetak seperti mesin cetak bertenaga uap, mesin rotari, mesin pembuat
kertas, dan mesin typeset otomatis. Mesin-mesin cetak tersebut mengurangi biaya
produksi bahan cetak dan membuat mereka lebih mudah terjangkau.
Pada awalnya warna yang ada hanyalah warna
HitamPutih
Warna hitam-putih (B/W) ini lebih mengacu kepada sejumlah bentuk monokrom dalam seni visual. Singkatnya, warna hitam terjadi karena ketiadaan cahaya. Sementara Putih adalah percampuran dari seluruh warna seperti cahaya matahari dimana cahaya putih nya merupakan percampuran dari seluruh spektrum.
Media yang menggunakan pantulan cahaya untuk untuk menghasilkan warna memakai metode campuran warna subtraktif.
Merah, Kuning, Biru RYB (red, yellow, blue) merupakan rangkaian sejarah dari warna primer subtraktif. Khususnya digunakan dalam seni rupa (seni lukis)
-o-o-o-o-o-o-o-o-o-o-o-o-o-o-o-o-
Manusia diberkati sensivitas visual yang luarbiasa, tidak hanya untuk biologis
akan tetapi juga untuk menganalisa, apresiasi dan pemahaman dunia modern.
Graphic Design membuat segalanya menjadi lebih berwarna dan indah,
tanpa pengaruh design kehidupan social akan dipenuhi bayangan atau abu-abu.
Akses terhadap komputer di masa kini, program graphics dan internet
menciptakan sebuah tantangan dan kesempatan kepada para designer
-o-o-o-o-o-o-o-o-o-o-o-o-o-o-o-o-
Pemahaman Warna
~Warna adalah kunci keberhasilan graphic design,
baik di dalam atau diluar dunia digital
~Warna mempunyai kekuatan
~Warna sulit ditebak –monitor, printerpress, domestic to international locales
~Designer harus belajar membuat keseimbangan dari variabel,
pencampuran perpaduan warna
Tujuan akhir
"Satisfying to a Client"
-o-o-o-o-o-o-o-o-o-o-o-o-o-o-o-o-
Warna mempengaruhi
sisi psikologis
sisi psikologis
Masalah yang sering muncul :
o Antara designer dan client
o Sales Reproduksi –prepress operator
o Broker Printer
"Color brings life to the world around us,
but it is subjective and if there is one guiding rule"
-o-o-o-o-o-o-o-o-o-o-o-o-o-o-o-o-
Perkembangan Warna
Warna yang digunakan secara artistic sebagai alat ekspresi manusia-sejarah
jaman prasejarah sampai jaman modern
Pelukis Gua (cave artist) ditemukan di Lascaux dan Altamira- Perancis Selatan dan Spanyol. Warna yang digunakan pada jaman itu adalah warna kuning dan merah. Warna tersebut mereka dapatkan dari olahan biji-bijian, tanah liat, darah binatang, dsb.
Sekitar 20.000 tahun, yakni pada Zaman Mesir kuno, seni berfungsi untuk agama.
Piramida dan Sphinx adalah bentuk karya seni yang nyata
dan masih dapat kita lihat hingga masa kini.
Abad ke-15 adalah awal mula penggunaan cat minyak dari tumbuh-tumbuhan
Abad ke-19 seorang pelukis muda Inggris bernama
William Tunner
menemukan pigmen warna biru, kuning, merah
atau yang lebih sering dikenal dengan sebutan
RYB
Eksperimen Claude Monet, membuat lukisan dari objek dengan waktu yang berlainan dalam 1 hari, sehingga menunjukkan perubahan warna.
Claude Monet dikenal juga dengan nama Oscar-Claude Monet atau Claude Oscar Monet adalah pelukis Perancis dengan aliran impresionisme. Lukisannya Impression, Sunrise adalah asal nama penamaan aliran impresionisme.
Karya Monet Camille atau La Femme à la Robe Verte pada 1868, yang menaikkan popularitas dirinya, adalah salah satu dari sekian banyak dari lukisan dengan objek calon istrinya, Camille Doncieux.
Claude Monet dikenal juga dengan nama Oscar-Claude Monet atau Claude Oscar Monet adalah pelukis Perancis dengan aliran impresionisme. Lukisannya Impression, Sunrise adalah asal nama penamaan aliran impresionisme.
Karya Monet Camille atau La Femme à la Robe Verte pada 1868, yang menaikkan popularitas dirinya, adalah salah satu dari sekian banyak dari lukisan dengan objek calon istrinya, Camille Doncieux.
Vincent Van Gogh, zaman post-impresionisme, menggunakan warna untuk berekspresi.
Post-Impresionisme merupakan gerakan seni rupa pada tahun 1880-an. Sesuai dengan namanya, gerakan itu merupakan kelanjutan dari Impresionisme. Seniman-seniman Post-Impresionisme pertama-tama mendapat pengaruh dari gerakan Impresionisme, namun kemudian menolaknya, kecuali beberapa unsurnya yang mendasar seperti penggunaan warna yang cermerlang.
Post-Impresionisme merupakan gerakan seni rupa pada tahun 1880-an. Sesuai dengan namanya, gerakan itu merupakan kelanjutan dari Impresionisme. Seniman-seniman Post-Impresionisme pertama-tama mendapat pengaruh dari gerakan Impresionisme, namun kemudian menolaknya, kecuali beberapa unsurnya yang mendasar seperti penggunaan warna yang cermerlang.
Warna VVG sangat keras dan kasar sementara Paul Gauguin menggunakan warna cemerlang
Keduanya disebut pelopor gerakan baru ekspresionis
Gerakan ekspresionis dilanjutkan oleh Paul Cezme, dengan memperkasar sapuan kuas
Membuat datar dua dimensi serta membiarkan warna sebagai pespektif-kesan mekanik
-o-o-o-o-o-o-o-o-o-o-o-o-o-o-o-o-
Cikal Bakal Kubisme
abad ke-20
BY: BRAQUE
BY: JUAN GRIS
BY: PICASSO
-o-o-o-o-o-o-o-o-THE ENDo-o-o-o-o-o-o-o-
Tidak ada komentar:
Posting Komentar